img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

5 Fakta Menarik di Balik Megahnya Simpang Susun Semanggi


Jakarta kini tak lagi identik sekedar dengan Tugu Monas. Sebentar lagi akan ada ikon baru yang semakin memperkuat jati diri ibukota, yaitu Simpang Susun Semanggi.

Jembatan fenomenal ini rencananya akan mulai beroperasi pada bulan Juli 2017 mendatang dan diharapkan akan mampu mengurai kemacetan yang sering kali terlalu parah di Jembatan Semanggi. Wah, senang dong yang lewat sini. Sebentar lagi bisa sampai ke rumah atau tempat kos dengan sisa waktu lebih banyak. Bisa buat aktivitas-aktivitas lainnya.

Ada beberapa fakta yang unik seputar Simpang Susun Semanggi ini. Ingin tahu apa saja?

Jembatan Rumit

Rancangan Simpang Susun Semanggi memang serumit yang kamu lihat. Tak hanya desainnya yang melingkar sempurna, mengitasi Jembatan Semanggi, tapi juga bagaimana caranya supaya lalu lintas berjalan lancar.

Selain itu pemasanganya juga cukup menguras tenaga dan pikiran. Menurut Ketut Pasek Senjaya Putra, General Superintend PT Wijaya Karya, box grider dipasang satu persatu hingga menyatu menjadi jembatan, serta harus didesain sendiri-sendiri demi menuruti bentuknya yang melingkar.

Tumpeng Setelah Tersambung Sempurna

Simpang Susun Semanggi telah terpasang dengan sempurna pada tanggal 26 April lalu. Semua box grider akhirnya terpasang semua. Untuk menandai kesuksesan tersebut, diadakan acara potong tumpeng sebelum pemasangan box grider yang terakhir.

Lebih Cepat Dari Jadwal

Ada satu prestasi lain yang membanggakan yang dicatat oleh pihak PT Wika, yaitu merampungkan pekerjaan yang rumit ini dalam waktu setahun empat bulan, atau 16 bulan. Proyek Simpang Susun Semanggi pertama kali digeber tanggal 8 April 2016. Pekerjaan yang ngebut dan tidak setengah-setengah membuat semua PR bakal terselesaikan di bulan Juli 2017. Bagi PT Wika ini adalah prestasi yang membanggakan karena target pekerjaannya adalah 18 bulan. Tak heran kalau Pak Jokowi sampai terkagum-kagum dengan kinerja PT Wika ini. Bukti bahwa orang Indonesia juga nggak kalah-kalah amat dengan jago bangunan luar negeri. walau sebenarnya hal ini jarang terjadi ^^

Menghabiskan Dana Melimpah

Proyek ini menghabiskan dana yang sangat besar. Kabarnya, uang sebesar 360 milyar Rupiah digelontorkan untuk menyempurnakan proyek Simpang Susun Semanggi ini. Tapi kalau untuk masyarakat, mengapa tidak? Yang penting berguna untuk mengurai kemacetan.

Urai Kemacetan Hingga 30%

Menteri Perhubungan, Budi Karya Sumadi mengklaim bahwa Simpang Susun Semanggi bakal bisa mengurai kemacetan hingga 30%. Selain itu, jembatan fenomenal ini juga bakal menjadi satu ikon yang membanggakan warga ibukota.

Pasti sudah tidak sabar untuk mencoba menyusuri Simpang Susun Semanggi, kan, dan bila sudah diresmikan, langsung saja tancap gas untuk menikmati hasil bayar pajak kamu kepada negara. Namun, tetap hati-hati di jalan, ya, jangan kebut-kebutan ^^


No comments