img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

9 Tanda Bahwa Anda Orang yang Over Sensitive


Orang sensitif mendapatkan reputasi yang buruk. Penelitian menunjukkan bahwa gen bertanggung jawab atas 15-20% orang yang memenuhi syarat sebagai "sangat sensitif." Psikolog Elain Aron telah mempelajari fenomena ini secara ekstensif, dan menggunakan pemindaian MRI otak orang yang sangat sensitif, dia menemukan bahwa mereka mengalami suara, perasaan, Dan bahkan kehadiran orang lain jauh lebih intens daripada rata-rata orang.

Sensitivitas dan Kecerdasan Emosional

Kecerdasan Emosional (EQ) adalah kemampuan Anda untuk mengenali dan memahami emosi pada diri Anda dan orang lain dan kemampuan Anda untuk menggunakan kesadaran ini untuk mengelola perilaku dan hubungan Anda. Kabar baiknya adalah bahwa orang yang sangat sensitif tidak lebih atau kurang cerdas secara emosional daripada yang lain.

Orang yang sangat sensitif mengalami hal yang lebih intens. Emosi kuat mereka lebih mudah dikenali (dan berpotensi dimanfaatkan untuk keuntungan mereka) daripada rata-rata orang. Ini juga membantu mereka untuk berkomunikasi secara efektif karena mereka tidak hanya mendengar kata-kata yang keluar dari mulut orang lain, tapi juga menangkap seluk-beluk nada dan nada.

Ada trade-off, bagaimanapun, karena emosi kuat yang tidak terkendali dapat menimbulkan konsekuensi bencana. Orang yang sangat sensitif dapat menggunakan EQ untuk keuntungan mereka hanya setelah mereka mengerti bahwa mereka sangat sensitif. Kesadaran ini memastikan mereka menuai keuntungan dari kesadaran emosional mereka yang tinggi sambil melihat dan mengalahkan kecenderungan negatif mereka.

Orang yang Sangat Sensitif

Anda mungkin bertanya-tanya apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal sangat sensitif. Berikut adalah kualitas yang paling umum dimiliki orang yang sangat sensitif. Lihat berapa banyak yang anda miliki.

Anda berpikir dalam-dalam. Ketika hidup melemparkan cobaan ke arah anda, Anda mundur jauh ke dalam cangkang Anda, memikirkan semua aspek dari apa yang terjadi sebelum melakukan tindakan apa pun. Hal-hal kecil (dalam hidup Anda dan kehidupan orang lain) dapat memberi dampak besar pada Anda.

Anda berorientasi pada detail. Anda sensitif terhadap rincian seperti perasaan Anda. Anda melihat detail yang dilewatkan orang lain, dan Anda tidak puas sampai Anda menemukan semua yang ada dan menyilangkan t's. Ini adalah kekuatan yang sangat berharga dalam profesi yang tepat.

Anda butuh waktu lebih lama untuk mencapai keputusan. Karena Anda cenderung menggali jauh di bawah permukaan, Anda cenderung mengeluarkan keputusan. Anda tidak bisa tidak mencoba menjalankan setiap hasil yang mungkin terjadi melalui kepala Anda, dan ini seringkali mengorbankan jam yang berdetak.

Anda hancur oleh keputusan yang buruk. Ketika Anda akhirnya membuat keputusan, dan ternyata menjadi pilihan yang buruk, Anda menganggapnya jauh lebih sulit daripada kebanyakan. Hal ini dapat menciptakan lingkaran setan yang memperlambat proses pengambilan keputusan Anda lebih jauh lagi, karena takut membuat keputusan yang buruk adalah bagian dari apa yang memperlambat Anda sejak awal.

Anda memiliki reaksi spontan terhadap perasaan Anda. Anda juga memiliki reaksi keras terhadap apa yang orang lain alami. Bila emosi Anda kuat, mudah membiarkan mereka membajak perilaku Anda. Bagian yang sulit adalah menyalurkan perasaan Anda ke dalam menghasilkan perilaku yang Anda inginkan.

Anda tidak dapat menerima kritik dengan baik. Perasaan kuat dan reaksi emosional Anda yang kuat dapat membuat kritik sulit dilakukan. Meskipun Anda mungkin bereaksi berlebihan terhadap kritik pada awalnya, Anda juga cenderung berpikir keras tentang berbagai hal dan mengeksplorasi secara mendalam. Eksplorasi kritik ini bisa berjalan dengan baik untuk Anda dalam jangka panjang, karena ketidakmampuan Anda untuk "mengabaikannya" membantu Anda melakukan perubahan yang sesuai.

Anda bekerja dengan baik dalam tim. Kemampuan unik Anda untuk memperhitungkan perasaan orang lain, mempertimbangkan berbagai aspek keputusan multifaset, dan memperhatikan detail yang lebih kecil membuat Anda sangat berharga dalam lingkungan tim. Tentu saja, ini bisa menjadi bumerang jika Anda adalah orang yang ditugaskan membuat keputusan akhir, karena Anda lebih cocok untuk menawarkan masukan dan analisis daripada memutuskan apakah akan menekan tombol merah atau tidak.

Anda memiliki sopan santun. Kesadaran Anda yang tinggi terhadap emosi orang lain membuat Anda sangat teliti. Anda memperhatikan bagaimana perilaku Anda mempengaruhi orang lain dan bersikap baik untuk menunjukkannya. Anda juga sangat kesal ketika orang lain bersikap kasar.

Kantor terbuka membuat Anda gila Sensitivitas Anda terhadap orang lain, suara keras, dan rangsangan lainnya membuat Anda hampir tidak mungkin bekerja secara efektif di lingkungan kantor terbuka. Anda lebih baik dalam sebuah kubus atau bekerja dari rumah.

Membawa Semua Bersama

Seperti banyak hal dalam hidup, menjadi orang yang sangat sensitif adalah berkah dan kutukan. Semuanya bermuara pada apa yang Anda dapatkan dari itu.

Apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal sangat sensitif?



No comments