img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

Google hari Ini, Menjunjung Katsuko Saruhashi, Wanita Yang Membersihkan Laut Dari Bom Nuklir!



Google hari ini menghormati Katsuko Saruhashi, seorang ilmuwan dari Jepang yang melakukan pekerjaan merintis di bidangnya - dan kemudian mengilhami lebih banyak lagi seperti dirinya untuk melakukan hal yang sama.

Daftar prestasi Saruhashi sangat luas dan luarbiasa. Diantaranya adalah pekerjaan yang dia lakukan untuk menguji bagaimana kejatuhan nuklir bergerak di lautan, dan menggunakannya untuk menunjukkan bahwa tes ledakan nuklir di laut harus dibatasi.

Tetapi pencapaian Saruhashi tidak hanya di seputar bidang ilmiah saja, melainkan daftar pekerjaan yang dilakukannya untuk orang lain sebagai hasil dari inspirasinya yang bahkan lebih panjang lagi. Dia juga bekerja dengan sangat keras untuk memastikan bahwa wanita lain mendapat kesempatan untuk membuat terobosan yang dia lakukan, menjelaskan bahwa itu adalah misinya untuk membuat bidang yang dia kerjakan menjadi lebih setara.

"Ada banyak wanita yang memiliki kemampuan untuk menjadi ilmuwan hebat," katanya, "Saya ingin melihat hari dimana para wanita dapat berkontribusi pada sains & teknologi pada pijakan yang sama dengan pria."

Pekerjaannya di bidang itu telah diakui, di antara banyak hal lainnya, hadiah yang dinamai untuk menghormatinya. Ketika dia pensiun pada tahun 1980, rekan-rekannya memberinya lima juta yen - dan dia menggunakan uang itu untuk mendirikan Asosiasi untuk Masa Depan Terang Wanita Ilmuwan, yang telah memberi imbalan kepada para ilmuwan wanita Jepang yang bekerja di para ilmuwan alam dengan hadiah setiap tahun sejak itu.




Google mengakui betapa luar biasanya semua pencapaian tersebut dalam Doodle-nya, yang ditampilkan di seluruh dunia. "Hari ini di hari ulang tahunnya yang ke-98, kami memberi penghargaan kepada Dr. Katsuko Saruhashi atas kontribusinya yang luar biasa terhadap sains, dan untuk menginspirasi para ilmuwan muda di mana saja agar berusaha dan berhasil," tulisnya di halamannya.

Sebelum dia melakukan pekerjaan yang akan dia ingat, Saruhashi sudah menembus penghalang. Dia adalah wanita pertama yang mendapatkan gelar doktor dalam kimia dari Universitas Tokyo pada tahun 1957, misalnya, dan dia akan melanjutkan pencapaian tersebut dengan menjadi wanita pertama yang memenangkan penghargaan geokimia bergengsi.


Tetapi pekerjaan yang akan menentukan kehidupan ilmiahnya dimulai setelah AS mulai menguji coba senjata nuklir di Bikini Atoll. Menanggapi hal itu, pemerintah Jepang ingin tahu apakah ledakan hulu ledak mempengaruhi air di lautan dan dalam hujan, dan menugaskan Laboratorium Geokimia, tempat dia bekerja, untuk menganalisa hal tersebut.

Dia memanfaatkan pemahaman akurat mengukur air tetapi mengubahnya untuk mengeksplorasi cara kejatuhan nuklir menyebar melalui air. Dia menemukan bahwa pencemaran itu memakan waktu lama untuk membuat jalan melalui lautan - tetapi akhirnya akan menyebar dan bercampur dengan air, bergerak melintasi dunia.

Itu adalah temuan-temuan itu dan yang lainnya yang membantu berkontribusi menghentikan uji hulu ledak nuklir di lautan. Dan itu adalah beberapa pekerjaan pertama yang mengeksplorasi bagaimana kejatuhan nuklir menyebar ke seluruh dunia - bidang yang akan menjadi sangat mengerikan dalam kecelakaan seperti di Chernobyl atau Fukushima.

Saruhashi akan terus mengeksplorasi bahaya lain yang ditimbulkan oleh hujan dan air, termasuk bekerja pada hujan asam!




No comments