img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

Jangan Melakukan 5 Hal Ini Saat Menggunakan Softlens




Bagi sebagian besar kaum milenial, memakai softlens atau lensa kontak akan terasa lebih praktis dan stylish jika dibandingkan dengan mengenakan kacamata. Namun, jangan sembarangan ketika memakainya karena salah-salah bisa menyebabkan berbagai masalah pada mata. Nah, supaya hal itu tidak terjadi, sebaiknya jangan lakukan lima hal di bawah ini ketika memakai softlens.




Tidur
Mengenakan kontak lens saat tidur dapat membuat kornea mata kekurangan oksigen. Hal ini tidak hanya dapay membuat mata kering dan terasa tidak nyaman saja namun jika sering dilakukan, mata bisa bengkak dan penglihatan Anda pun akan kabur.

Bakteri juga semakin mudah "terjebak" di mata ketika Anda tidur sambil memakai softlens. Bahkan, sebuah penelitian dari Australia menemukan kalau mereka yang sering tidur pakai softlens 6.5 kali lebih berisiko terkenal infeksi pada kornea. Salah satu infeksi yang paling sering terjadi adalah ulkus kornea, sebuah kondisi di mana ada luka terbuka pada korena. Hiii...







Mandi dan Berenang
Hal yang satu ini harus sangat diperhatikan ketika mengenakan softlens adalah Anda tidak boleh membuatnya basah. Air dapat membuat softles berubah bentuk dan menempel pada mata, yang ujung-ujungnya malah bisa melukai kornea Anda. Masalah lainnya, air mengandung mikroorganisme yang bisa terjebak di softlens. Akibatnya, mata bisa infeksi menyakitkan yang tidak menutup kemungkinan menyebabkan kelihangan penglihatan secara permanen.





Tidak Memberihkan Softlens Benar
Pernah membersihkan softlens dengan air atau baby oil? Bad idea, darling. Cara yang benar membersihkan softlens adalah dengan menggosoknya secara perlahan dan hati-hati menggunakan cairan pembersih khusus softlens, lalu bilas dan rendam dengan cairan yang sama sebelum disimpan di tempat khusus. Oh, jangan lupa untuk mencuci tangan sebelum memberishkan softlens, ya!








Tidak Memperhatikan Tanggal Kadaluwarsa
Hal lainnya yang tidak boleh sampai Anda lakukan saat memakai softlens adalah tidak memperhatikan tanggal kedaluwarsanya. Memang sih hal ini terkesan lebih hemat, tetapi mengenakan softlens yang sudah "basi" bisa bikin mata infeksi. Lebih baik jangan ambil risiko memakai softlens yang telah melewati kedaluwarsanya, meskipun hanya satu atau dua hari.





Jarang Membersihkan Tempat Softlens
Jangan sampai pernah mengesampingkan pentingnya menjaga kebersihkan tempat softlens juga penting. Tempat softlens yang kotor adalah sarang kuman dan bakteri yang bisa menimbulkan infeksi mata. So, bersihkan deh tempat softlens Anda setiap hari untuk mencegah infeksi tersebut. Tidak sulit kok, cukup dengan merendamnya ke dalam air panas supaya terbebas dari kuman dan bakteri. Lebih baik Anda mengganti tempat softlens setiap tiga bulan sekali untuk menjaga kebersihan softlens juga kesehatan mata Anda.




No comments