img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

Fakta Di balik Obat Antibiotik Yang Harus Di Ketahui




Obat-obatan antibiotik seringkali diresepkan dokter ketika Anda sedang sakit. Namun karena terlalu sering, obat ini dianggap banyak orang sebagai obat dari "SEGALA" penyakit. Namun apa hal tersebut dapat di benarkan? Supaya tahu, baca dulu enam fakta mengenai obat antibiotik yang patut untuk di ketahui.




1st Fact : Diresepkan untuk Mengobati Infeksi Bakteri
Fakta pertama mengenai obat antibiotik yang harus Anda ketahui ini adalah obat antibiotik bukanlah obat dari segala penyakit. Obat ini memang dapat dengan efektif mengobati infeksi, tetapi hanya untuk infeksi bakteri. Jika yang menyerang tubuh adalah virus, misalnya virus flu, Anda malah tidak di anjurkan untuk minum obat yang satu ini.




2nd Fact : Harus Dihabiskan
Wajar saja jika merasa malas minum obat ketika Anda sudah merasa lebih sehat. Namun hindarilah hal tersebut jika sedang mengonsumsi obat antibiotik. Karena obat ini "HARUS" dihabiskan untuk membunuh semua bakteri yang menyerang tubuh. Jika tidak dihabiskan, bakteri dapat jadi resisten dan kembali dengan ketahanan yang malah lebih kuat. Akibatnya, Anda malah akan menjadi lebih rentan untuk terkena penyakit yang sama.




3rd Fact  : Tidak Boleh Berbagi
Terpikir untuk mengonsumsi obat antibiotik bekas adik? Sebaiknya jangan deh. Obat antibiotik yang sudah lama cenderung menyebabkan tubuh kebal terhadap obat tersebut. Lagi pula, jenis obat antibiotik si adik belum tentu dapat mengobati infeksi yang Anda alami. Just. Don't.




4th Fact  : Memiliki Efek Samping Terhadap Alat Kontrasepsi Hormonal
Kebanyakan obat antibiotik memang tidak memiliki efek samping pada alat kontrasepsi hormonal. Namun, khusus untuk obat antibiotik Rifampisin dan Rifabutin dapat menurunkan kadar hormon KB yang mencegah ovulasi. Kalau dokter Anda meresepkan obat antibioitik ini sebaiknya gunakan alat kontrasepsi ekstra (kondom) selama minum obat hingga seminggu setelah obat habis.





5th Fact   : Hindari Konsumsi Alkohol
Sebenarnya alkohol tidak mengurangi efektivitas obat antibiotik. Namun alkohol dapat menurunkan energi tubuh dan membuat Anda sulit pulih dari sakit. Ditambah lagi, minuman keras dan obat antibiotik dapat menyebabkan perut mual, pusing, dan mengantuk.




6th Fact   : Jangan Lupa Minum Probiotik
Fakta lainnya yang harus Anda tahu tentang obat antibiotik adalah obat ini tidak hanya membunuh bakteri jahat yang menyerang kesehatan tubuh, tetapi juga membunuh bakteri baik di usus. Hal ini sering kali membuat Anda mengalami diare saat minum obat.





No comments