img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

5 Ciri-Ciri Orang Manipulatif yang Harus Anda Ketahui



Terkadang Kita tidak sadar dengan adanya orang-orang manipulatif alias serigala berbulu domba di dalam kehidupan kita. Bisa saja dia seorang teman, rekan kerja, pasangan, atau bos. Maka dari itu sangatlah penting untuk mengetahui ciri-ciri sifat orang-orang tersebut agar Anda dapat terbebas dari drama atau masalah. Ini dia ciri-ciri seorang manipulator:





Seseorang yang manipulatif PASTI harus merasa berkuasa, maka ia akan melakukan apapun untuk membuat Anda merasa bingung dan lemah. Misalkan jika Anda ingin memberi koreksi atas perilakunya, ia akan memutarbalikkan kenyataan dan perkataan Anda dengan tujuan Ändalah yang bersalah bukan saya" dan pada akhirnya, Andalah yang akan merasa guilty dan meminta maaf.






Agar kemauan mereka terkabul, seorang yang manipulatif akan bertindak sendiri dengan asumsi bahwa Anda sudah menyetujui kemauannya (meskipun Anda tidak pernah berkata "setuju" ataupun "ÿa"/"ok" Walaupun Anda sudah menyuarakan ketidaksetujuan Anda, mereka hanya akan mengesampingkan opini Anda! yang tidak berharga bagi mereka!






Orang dengan tingkat kepercayaan diri yang rendah akan mudah dimanipulasi – karena itu, mereka akan mencoba untuk membuat Anda meragukan diri sendiri. “Emotional manipulators akan menguasai Anda dengan lebih mudah setelah mereka menemukan kelemahan Anda,” ujar life coach Barrie Davenport.






Dan bukan keluar dari zona nyaman untuk hal yang baikni bukan hal yang baik, lho. Orang manipulatif memaksa Anda untuk keluar dari comfort zone untuk keuntungan mereka sendiri – bukan demi kebaikan Anda! Mereka mau memegang kendali, maka mereka akan mencoba untuk menaruh Anda di situasi yang tidak familiar, baik dalam segi fisik, emosional, atau finansial.







Orang manipulatif memang jagoan dalam hal berpura-pura. Mereka akan menunjukkan empati agar Anda berpikir bahwa mereka peduli. Lalu mereka akan bertindak ekstra manis dan meminta Anda untuk melakukan sesuatu untuk mereka dan kepentingan pribadi mereka!

Jadi? Apakah ada seseorang yang dekat dengan Anda yang memiliki ciri-ciri tersebut? If so. Do be careful!





No comments