img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

13 Fakta Menarik Seputar Puting Payudara


Puting/Nipple bukan hanya sekedar “aksesori” bagi payudara Anda, namun juga bisa menjadi petunjuk adanya masalah kesehatan. Di bawah ini adalah 17 fakta mengenai puting payudara yang tersembunyi di balik pakaian Anda ^^



1. Puting Tidak Identik
Di Dunia ini tidak ada puting manusia yang benar-benar identik, mulai dari bentuk, warna areola, dan ukurannya. Bahkan puting kanan dan kiri Anda sendiri berbeda loh ^^



2. Terkadang Mengeluarkan Cairan
Sebagian besar wanita akan mengeluarkan cairan dari puting ketika ditekan. Jika Anda tidak menekan namun keluar cairan bercampur darah yang hanya berasal dari salah satu payudara, segera temui dokter - cairan itu bisa saja berasal dari kista jinak atau kanker payudara. So please be aware, ladies.



3. Triple Nipple
Not just one or two or three, but even more! Supernumerary nipple atau puting tambahan sama sekali bukan sesuatu yang aneh kok, sebab 1 dari 50 wanita memilikinya. Biasanya puting tambahan terdapat di sekitar abdomen dan sering dikira tahi lalat atau tumor. Oh ya, penyanyi Lily Allen rupanya juga punya third nipple.



4. Olahraga Dapat Menyebabkan Radang dan Iritasi Pada Puting
Tidak mengenakan sport bra yang pas saat olahraga bisa membuat puting tergesek dan mengakibatkan radang, kering, lecet, hingga luka. Akan tetapi, jika Anda tidak berolahraga namun puting berubah warna menjadi merah, gatal, bersisik, atau mengelupas, sudah waktunya untuk periksa ke dokter, dear. Bisa jadi ini tanda penyakit Paget, bentuk langka dari kanker yang terlihat dari perubahan puting dan areola. Mengoleskan petroleum jelly sebelum sesi gym Anda bisa jadi solusi tepat.



5. Puting Memiliki Rambut
Tidak perlu untuk merasa minder atau khawatir saat Anda berkaca dan melihat ada rambut di sekitar puting! Keadaan ini natural kok. Jika ingin dihilangkan, Anda bisa mencukur dengan hati-hati, tetapi jika folikel rambut terasa sakit, tumbuh semakin besar, gatal dan bersisik, cepat temui dokter karena hal ini dapat menjadi pertanda dari infeksi.



6. Puting "Tersembunya" aka Inverted Nipple
Diperkirakan 15% wanita di dunia memiliki puting yang masuk ke dalam atau terbalik sejak lahir. Hal ini dapat terjadi karena ada jaringan ikat yang menarik puting ke dalam. Puting terbalik tidak berbahaya bagi kesehatan, hanya saja akan menyulitkan ketika harus menyusui nantinya.



7. Puting adalah Daerah Sensitif Pria dan Wanita
Menurut penelitian Rutgers University, rangsangan pada puting memengaruhi bagian otak yang sama dengan ketika Miss Cheerful, klitoris, atau Mr. Happy dirangsang. Catatan bagi yang menindik puting: Anda bisa kehilangan sensasi menyenangkan yang berasal dari rangsangan pada puting karena kerusakan saraf!



8. Puting Bisa Memberikan Rangsangan Sensual Yang Hebat
Sama halnya pada Miss Cheerful dan klitoris, saat area ini mendapatkan stimulasi akan langsung mengirimkan sinyal kenikmatan pada otak Anda yang dengan segera mengalir ke seluruh tubuh.



9. Orgasme Bisa Di Dapatkan Hanya Ransangan Pada dan Di Sekitar Puting
Menurut studi, sebagian wanita bisa mencapai the big O saat memainkan nipples secara intens. Pasalnya, puting Anda memiliki koneksi antara pusat kenikmatan di otak yang dengan cepat memberikan rangsangan ke seluruh tubuh.



10. Bentuk Puting Normalnya Bergelombang
Di dalam nipples Anda terdapat folikel rambut, saluran dan kelenjar minyak untuk menghasilkan pelumas. So, saat mendapati bentuk puting payudara yang seperti permukaan bergelombang, Jadi Anda tidak perlu khawatir.



11. Kenali Gejala Kanker Payudara Melalui Warna Puting
Anda bisa mendeteksi gejala kanker jika mendapati warna kemerahan di sekitar areola dan puting yang bertahan lama dan tak memudar.



12. Ukuran Puting Dapat Berubah
Di pengaruhi berat badan atau momen hamil dan menyusui bisa mengubah ukuran puting juga aerola Anda bisa menjadi lebih besar beberapa kali lipat dari ukuran aslinya.



13. Puting Juga Bisa Berubah Warna
Faktor gen yang menyebabkan warna puting setiap individu bisa berbeda-beda. Mulai dari merah muda, merah, hingga cokelat tua. Namun seiring dengan perubahan hormin seperti hamil dan menyusui, warna asal puting Anda pun bisa berubah secara permanen.




No comments