img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

Inilah yang Terjadi Pada Tubuh Kita Saat Nonton Film Horor





List di Mulai Dari Hantu, zombie, vampir, sampai bahkan badut. Berkat menonton film horor Anda kini merasa ngeri dengan hal-hal tersebut, meskipun Anda tahu semua itu hanya fiksi belaka. Sebenarnya pa sih yang membuat film horor terasa begitu mengerikan? Ternyata film dengan genre tersebut memiliki dampak tersendiri bagi tubuh Kita. Dibawah ini adalah hal-hal yang terjadi pada tubuh kita ketika sedang nonton film horror...




Jantung Berdegup Kencang dan Napas Bertambah Cepat
Ketika Anda dikagetkan dengan adegan si hantu atau zombie yang tiba-tiba saja muncul di balik pintu, tubuh sebenarnya sedang mengalami kondisi terror. Rasa takut membuat tubuh jadi tegang, sehingga jantung pun akan berdegup semakin kencang dan napas juga jadi makin cepat. Reaksi ini sebenarnya muncul setiap kali Anda merasa ketakutkan. Hal ini Anda alami agar Anda dapat lebih mudah untuk lari atau malah melawan apapun yang membuat Anda takut. Karena tubuh langsung siaga dengan aliran darah yang cepat dan napas yang cepat ketika Anda ketakutan.





Otot Anda Lebih Tegang
Alasan kenapa ketika Anda menonton film horor Anda ingin memeluk sesuatu adalah karenaterjadi karena otot pada tubuh akan menjadi tegang saat menonton. Otot yang lebih tegang menjadi salah satu respons dari rasa stress dan terror yang Anda rasakan, perasaan yang sangat mungkin terjadi ketika menonton film horor. Otot yang menegang inilah yang kemudian membuat Anda jadi ingin menggenggam atau memeluk sesuatu.




Hormo Kortisol Meningkat
Ternyata, menyaksikan adegan si karakter protagonis terjebak di hutan yang penuh dengan makhluk “lain” bisa membuat tubuh Anda mengirim sinyal kalau Anda sedang dalam situasi yang mengancam nyawa. Anda memang tahu semua itu tidak nyata, tetapi tubuh tidak dapat membedakannya. Hal inilah yang membuat hormon kortisol aka hormon stres meningkat cepat. Efek dari hormon kortisol yang meningkat ini juga terjadi setelah menonton. Hormon ini dapat membangkitkan perasaan buruk yang terjadi di masa lalu. Akibatnya, Anda pun jadi sulit tidur karena “terbayang-bayang” rasa takut.




Bola Mata Lebih Banyak Bergerak
Salah satu cara untuk membuat Anda bergidik selama menonton adalah dengan memaksa bola mata untuk terus bergerak lewat hasil editing yang terkesan “terputus-putus” serta adegan kejar-kejaran dengan sang hantu. Dengan membuat mata tidak dapat fokus pada satu hal adalah trik psikologis yang cukup mujarab untuk memicu ketakutan! Hiii...




No comments