img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

6 Kebiasaan yang sering mengagalkan diet

Tubuh yang ideal yaitu yang langsing atau berotot juga "welltoned" merupakan dambaan setiap orang. Beberapa di antara Anda bahkan mungkin rela menjalani diet ketat dan olahraga mati-matian demi mendapatkan berat badan yang diidamkan.

Diet ada kalanya tidak berhasil sebagaimana kita harapkan, padahal Anda telah menuruti aturan pola makan yang benar. Jangan-jangan Anda masih melakukan 6 kebiasaan yang membuat Anda tetap gendut seperti yang dikutip dari Men's Health seperti berikut ini.

Melewatkan makan
Diet bukan berarti tidak makan sepanjang hari, melainkan mengurangi porsi makan atau menggantinya dengan menu yang bergizi. Melewatkan makan, misalnya sarapan, hanya akan membuat Anda semakin kelaparan di malam hari. Sehingga Anda selalu tergoda untuk menyantap makanan di tengah malam.

Direktur Nutrisi dan Olahraga dari University of California, Liz Applegate, Ph.D., menyarankan agar Anda tetap rutin makan 3 kali sehari. Sebagai gantinya, tetap lakukan aktifitas untuk menghabiskan kalori dari makanan yang telah Anda konsumsi, sehingga tidak ada kalori yang tertimbun dalam tubuh.

Makan terlalu cepat
Makan terlalu cepat membuat Anda selalu merasa lapar. Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Clinical Endocrinology & Metabolism menyebutkan bahwa jika Anda makan terlalu cepat, otak tidak ikut bereaksi dengan cepat dan memberitahu Anda bahwa sebenarnya Anda sudah kenyang.

Alexander Kokkinos, M.D., Ph.D., penulis dalam jurnal tersebut, berpendapat bahwa jika Anda tidak tergesa-gesa dalam menikmati makanan, maka Anda akan merasa cukup dengan satu porsi saja. Menghitung dari 1 sampai 5 setiap akan memasukkan makanan ke dalam mulut merupakan salah satu cara agar Anda bisa lebih santai dalam menghabiskan makanan.

Makan besar di akhir pekan
Akhir pekan biasanya diartikan dari hari Jum'at hingga Minggu. Setelah 4 hari terikat dengan diet, banyak orang cenderung kembali pada gaya hidup makan sesuka hati di akhir pekan.

Tidak ada yang melarang Anda untuk makan besar di sela-sela diet. Namun jangan menjadikan sepanjang akhir pekan dengan mengkonsumsi semua makanan. Simpan sehari saja untuk menikmati makanan kesukaan dan bersiaplah untuk kembali mengatur pola makan sehat keesokan harinya.

Camilan asin
Makanan ringan yang rasanya asin mengandung sodium, dimana sodium menyebabkan Anda akan terus-menerus makan tanpa menyadarinya. Camilan seperti popcorn, keripik, atau kacang tanah sepertinya tidak berbahaya. Namun Anda tidak akan berhenti memakannya sebelum semuanya benar-benar habis.

Thomas Moore, M.D. dari pusat kesehatan Boston University menyebutkan bahwa Anda bisa tetap menikmati camilan kesukaan, asalkan makanan ringan tersebut memiliki kadar sodium yang rendah. Mengurangi porsi camilan juga bisa menjadi salah satu alternatif untuk menghindari ketagihan.

Minum-minum
Walaupun bukan termasuk dalam kategori makanan, namun bir, anggur, atau minuman keras lain memiliki andil untuk menaikkan berat badan Anda. Jika tidak percaya, coba ukur berat badan sebelum dan sesudah minum-minum. Anda akan tercengang ketika melihat hasilnya.

Tidak ada solusi lain tentang kebiasaan ini, Anda harus berhenti. Anda akan menyadari betapa longgarnya ukuran celana di perut Anda setelah berhenti dari kebiasaan minum-minum.

Makan di depan televisi
Setelah makan sambil menonton televisi, tidak jarang seseorang akan langsung berbaring dan tertidur. Kebiasaan ini akan sangat buruk jika tetap dilanjutkan. Selain menganggu program diet, jadwal tidur Anda pun akan bertambah dan mengurangi kegiatan produktif untuk membakar kalori.

Donald Hensrud, M.D., Kepala editor dari majalah Mayo Clinic Diet, merekomendasikan agar Anda tetap bergerak setelah makan. Paksa diri Anda untuk langsung mencuci piring setelah makan. Jika ingin tetap menonton TV, jangan berbaring dan santai atu tidur-tiduran dan tetaplah bergerak untuk menghindari rasa kantuk.

Kebiasaan lainnya yang menggagalkan diet Anda mungkin bisa saja Anda temukan sendiri. Jangan sampai usaha keras Anda tidak menghasilkan apa-apa, bahkan semakin menaikkan berat badan dan jauh dari dambaan ideal Anda.


No comments