img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

Lukisan Ini Terjual Seharga 110.5 Juta US Dollar atau setara dengan Rp 14.789.320.000.000


"Untitled," sebuah lukisan Basquiat dari tahun 1982, dijual seharga $ 110,5 juta di lelang Sotheby pada hari Kamis malam. Kredit 2017 Perumahan Jean-Michel Basquiat / ADAGP, Paris / ARS, via Sotheby's


Lukisan tengkorak karya Jean-Michel Basquiat tahun 1982 yang menghasilkan uang membawa 110,5 juta dolar di Sotheby's, untuk menjadi karya termahal keenam yang pernah dijual di pelelangan. Hanya 10 karya lainnya yang berhasil menembus angka $ 100 juta.



"Untitled," sebuah lukisan Basquiat dari tahun 1982, diperkirakan akan terjual seharga $ 60 juta di lelang Sotheby pada hari Kamis malam. Kredit 2017 Perkebunan Jean-Michel Basquiat / ADAGP, Paris, via ARS, New York, via Sotheby's


"Dia sekarang berada di liga yang sama dengan Francis Bacon dan Pablo Picasso," kata dealer Jeffrey Deitch, seorang ahli Basquiat.

Penjualan lukisan itu, "Untitled," dibuat untuk saat yang mendebarkan di pelayaran pascaperang dan lelang Sotheby setidaknya empat penawar di telepon dan di ruangan itu berlayar melewati tingkat $ 60 juta di mana pekerjaan tersebut - yang diambil dari tongkat minyak dan semprotan Cat - telah dijamin untuk dijual oleh pihak ketiga.

Segera setelah tepuk tangan mereda telah mereda, miliarder Jepang Yusaku Maezawa mengungkapkan dirinya sebagai pembeli melalui sebuah pos di akun Instagram-nya. "Saya dengan senang hati mengumumkan bahwa saya baru saja memenangkan karya ini," katanya di pos tersebut. "Ketika saya pertama kali melihat lukisan ini, saya sangat terpesona dan bersyukur atas kecintaan saya pada seni. Saya ingin berbagi pengalaman itu dengan sebanyak mungkin orang. "

Bagaimana Basquiat Menjadi Pria $ 60 Juta 17 Mei 2017
Adalah Maezawa, pendiri Arts Art Foundation yang berusia 41 tahun, yang tahun lalu menetapkan tingkat pelelangan sebelumnya untuk Basquiat, membayar $ 57,3 juta untuk lukisan besar seniman 1982 pada setan bertanduk di Christie's. Tuan Maezawa juga pendiri mal mode online besar di Jepang, Zozotown.

Maezawa kemudian mengatakan kepada Sotheby bahwa dia mendapatkan lukisan terakhirnya oleh seniman untuk museum yang direncanakan di kota asalnya, Chiba, Jepang. "Tapi sebelum itu saya ingin meminjamkan bagian ini - yang sudah tidak terlihat oleh publik selama lebih dari 30 tahun - ke institusi dan pameran di seluruh dunia," katanya dalam sebuah pernyataan. "Saya berharap ini membawa banyak kegembiraan kepada orang lain seperti halnya saya, dan bahwa karya agung Basquiat yang berusia 21 tahun ini mengilhami generasi masa depan kita."

Tawaran kemenangan itu diambil di telepon oleh Yuki Terase, yang mengawasi pengembangan bisnis Jepang untuk Sotheby's di Hong Kong, melawan dealer Nicholas Maclean, yang membungkuk di dalam ruangan melalui telepon dengan seorang penawar.



Apakah satu kolektor aktif membuat pasaran di tentukan atau tidak. Ini akan membawa Basquiat utama lainnya untuk menguji keberlanjutan tingkat $ 100 juta ini.

Sementara itu, bagaimanapun, lukisan cerah Basquiat membuat beberapa catatan pada Kamis malam: untuk sebuah karya seniman Amerika, untuk sebuah karya seniman Afrika-Amerika dan sebagai karya pertama yang dibuat sejak tahun 1980 untuk menghasilkan lebih dari $ 100 juta.

"Ini adalah saat yang sangat bersejarah," kata Larry Warsh, seorang kolektor Basquiat yang sudah lama. "Ini memang semen artis ini sekali lagi."

Basquiat kelahiran Brooklyn itu beralih dari seniman grafiti ke seorang kolektor seni yang baru berusia tujuh tahun. Dia meninggal pada 27 overdosis obat pada tahun 1988. Tahun lalu, Basquiat menjadi artis Amerika terlaris tertinggi di pelelangan, menghasilkan $ 171,5 juta dari 80 karya, menurut Artprice, dan tinggi pelelangannya telah meningkat setidaknya sepuluh kali lipat dalam 15 tahun terakhir. .

"Ini dia, nyala jejak tidak hanya dari segi pasar tapi juga dalam hal bagaimana karyanya dirasakan lebih luas," kata artis Adam Pendleton, yang adalah orang Afrika-Amerika. "Ini berbicara kepada elemen budaya Amerika yang lebih luas. Dan saat yang tepat untuk mewujudkannya. "

Mungkin dengan pedih, harga melebihi pelelangan tinggi teman dan mentor Basquiat, Andy Warhol, yang "Kecelakaan Mobil Perak (Double Disaster) (dalam 2 Bagian)" dijual untuk artis yang tinggi sebesar $ 105,4 juta pada tahun 2013.

Penjualan Sotheby, yang menghasilkan total $ 319 juta dengan perkiraan rendah sebesar $ 211 juta dengan 96 persen dari 50 lot terjual, berbeda dengan pelelangan kontemporer energi rendah malam di Christie's. Enam puluh persen lot mencapai harga di atas perkiraan mereka



"Ada lebih banyak penawaran daripada semalam," kata Morgan Long, seorang direktur senior di Fine Art Group, sebuah perusahaan penasihat yang berbasis di London. "Sotheby's memiliki lebih banyak pekerjaan di kisaran menengah sekitar $ 5 juta sampai $ 10 juta yang menarik perhatian pasar."

Sebelumnya di malam hari, Phillips mengadakan pelelangan terakhirnya dalam format yang lebih baru dari seni abad ke 20 dan kontemporer. Pada penjualan itu, lebih dari separuh dari 37 lot membawa harga minimum yang dijamin, yang menekankan keengganan penjual untuk melakukan pelelangan tanpa penjualan yang pasti.



Kanvas tahun 1991 Peter Doig, "Rosedale," sebuah hujan salju Toronto, yang dijamin seharga $ 25 juta, dijual seharga $ 28,8 juta kepada penawar telepon, sebuah lelang untuk artis tersebut. Seperti yang ditunjukkan Phillips sebelum pelelangan, Doig yang lahir di Skotlandia, yang lansekapnya yang indah dan menawan dihargai oleh para kolektor, adalah satu dari hanya lima seniman hidup yang telah menjual lebih dari $ 25 juta di lelang.

Perkiraan itu "agresif, tapi masih segar ke pasar dan pernah tampil dalam pertunjukan besar," kata Anthony McNerney, direktur seni kontemporer di Gurr Johns, sebuah perusahaan penasehat seni dan penilaian yang berbasis di London. Mr McNerney mengacu pada pencantuman lukisan tersebut dalam pertunjukan satu orang di Galeri Seni Whitechapel di London pada tahun 1998.

"Lanskap awal dengan nuansa dingin itulah yang diinginkan orang. Ini pantas dicatat harganya, "tambah Mr. McNerney.

Tapi malam itu milik Basquiat, dan prestasinya di puncak pasar seni.

"Ini bertiup kencang," kata Mr. Warsh. "Saya biasanya tidak terkesan dengan angka, tapi ini benar-benar di luar batas."

Pendleton mengatakan penjualan tersebut menggarisbawahi pentingnya para seniman kulit hitam, "bukan bahwa setiap orang harus memerlukan catatan pelelangan untuk menjelaskan hal ini.

"Saat itulah Basquiat mengambil sikatnya pada tahun 1980an," tambahnya, "dan pastinya hari ini."

No comments