img { float: right; } img { float: left; }

Header Ads

test

Kulit Bermasalah Sejak Berolahraga? Beginilah Cara Mengatasinya



Berolahraga akan berefek baik bagi tubuh dan jiwa – tubuh lebih sehat, tidur semakin nyenyak, stress berkurang, dan suasana hati yang baik berkat hormon endorfin yang meningkat. Namun bila tidak hati-hati, Anda bisa berhadapan dengan masalah kulit yang menyebalkan! Ini 4 masalah kulit yang sering dialami karena olahraga.



1. Jerawat di Dahi
Menurut dermatologis Melissa Levin, bagian dahi adalah daerah yang rawan jerawat untuk para penggemar olahraga, apalagi saat mereka suka menggunakan topi, helm atau headband.

Solusi: Hindari topi atau headband, namun bila Anda harus memakai helm atau perlindungan kepala lainnya, pastikan wajah Anda bersih dari makeup. Setelah olahraga, cucilah muka dengan sabun atau setidaknya gunakan tisu basah khusus untuk wajah.



2. Jerawat di Badan
Siapa bilang jerawat hanya akan muncul di wajah? Jerawat bisa saja timbul di bagian dada dan punggung saat sel kulit mati, kotoran atau minyak terperangkap di dalam pori-pori kulit. Ada beberapa faktor yang dapat mengakibatkan jerawat di badan, seperti keringat berlebihan atau iritasi dari bahan pakaian.

Solusi: Sebelum jerawat muncul, sebaiknya Anda langsung mandi setelah berolahraga untuk membersihkan kulit dari kotoran, minyak dan bakteri. Anda juga bisa mencari retinoid topikal atau salicylic acid untuk membasmi jerawat dengan efektif.



3. Kulit Kering
Di sisi lain, kulit kering juga bisa mengganggu Anda. Bila Anda sering berlama-lama mandi dengan air panas atau berenang di dalam kolam yang dipenuhi klorin, kelembaban kulit Anda dapat hilang.

Solusi: Mandi dengan air dingin atau hangat selama tidak lebih dari 10 menit, dan gunakan sabun yang moisturizing. Anda juga bisa langsung menggunakan lotion 2 menit setelah berenang untuk meminimalisir kulit kering.



4. Terbakar Sinar Matahari
Para pecinta outdoor sports pasti sudah tidak asing dengan perasaan menyesal yang melanda saat kulit terbakar sinar matahari. Hati-hati, kulit yang sering terkena sinar UV akan menurunkan kadar kolagen dan elastin hingga Anda akan cepat menua. T^T"

Solusi: Sudah jelas problem solver dari masalah ini adalah sunscreen. Gunakan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih, dan lapisi tubuh setiap 2 jam untuk melindungi diri dari sinar UV dan kanker kulit.



5. Iritasi Kulit
Rosacea adalah kondisi di mana kulit mengalami iritasi, inflamasi dan kemerahan. Meski olahraga bukan penyebab utamanya, olahraga dapat melebarkan pembuluh darah yang akan membuat rosacea semakin parah. Sedangkan untuk kondisi melasma, udara panas dapat membuatnya semakin parah.

Solusi: Selain mengunjungi dermatologis untuk perawatan, Anda juga bisa menyimpan handuk atau kain bersih yang dingin di samping treadmill untuk menghindari perubahan temperatur di wajah.



http://rubyqq88.blogspot.com/

No comments